Pribadi Sehat

0 Comments »


Hingga saat ini banyak sekali pengertian dari kepribadian itu sendiri dan pengertian kepribadian menurut Allport sendiri adalah organisasi dinamis dalam diri individu sebagai sistem psiko-fisik yang menentukan caranya yang unik dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungannya. Di atas hanya sebagian kecil dari pengertian kepribadian dan banyak lagi seperti halnya Untuk menjelaskan tentang kepribadian individu, terdapat beberapa teori kepribadian yang sudah banyak dikenal, diantaranya : teori Psikoanalisa dari Sigmund Freud, teori Analitik dari Carl Gustav Jung, teori Sosial Psikologis dari Adler, Fromm, Horney dan Sullivan, teori Personologi dari Murray, teori Medan dari Kurt Lewin, teori Psikologi Individual dari Allport, teori Stimulus-Respons dari Throndike, Hull, Watson, teori The Self dari Carl Rogers dan sebagainya. 



Psikoanalisa
kepribadian tersusun dari 3 sistem pokok, yakni: id, eo, dan super ego.  meskipun masing masing memiliki fungsi, ssifat, komponen, prinsip kerja, dinamisme dan mekanismenya sendiri tapi ketiganya berhubungan erat dan hampir tidak mungkin mereka bekerja secara masing masing. 

  • ID 

         Id adalah satu-satunya komponen kepribadian yang hadir sejak lahir atau sistem dasar kepribadian. Aspek kepribadian sepenuhnya sadar dan termasuk dari perilaku naluriah dan primitif. Menurut Freud, id adalah sumber segala energi psikis, sehingga komponen utama kepribadian.Id didorong oleh prinsip kesenangan, yang berusaha untuk kepuasan segera dari semua keinginan, keinginan, dan kebutuhan. Jika kebutuhan ini tidak puas langsung, hasilnya adalah kecemasan  atau ketegangan.


  •  Ego

Ego adalah dibawa sejak lahir, tetapi berkembang seiring dengan hubungan individu dengan lingkungan. Prinsipnya realitas atau kenyataan. Untuk bisa bertahan hidup,individu tidak bisa semata-mata bertindak sekedar mengikuti impuls-impuls atau dorongan-dorongan,individu harus belajar menghadapi realitas.sebagai ilustrasi dari pernyataan ini,”seorang anak harus belajar bahwa dia tidak bisa mengambil makanan karena terdorong secara impulsif ketika dia melihat makanan”. Jika ia mengambil makanan itu dari orang yang lebih besar,maka ia akan kena pukul. Ia harus memahami realita sebelum bertindak. Bagian dari jiwa atau struktur kepribadian yang menunda impuls secara langsung dan memahami realita seperti ini disebut ego.  

  • Super Ego  

 Komponen terakhir untuk mengembangkan kepribadian adalah superego. superego adalah aspek kepribadian yang menampung semua standar internalisasi moral dan cita-cita yang kita peroleh dari kedua orang tua  dan masyarakat - kami rasa benar dan salah. Superego memberikan pedoman untuk membuat penilaian.

 Jika semua yang di atas dapat bekerja secara selaras maka akan menghasilkan kesehata mental yang baik.

 Behaviorisme

Behaviorisme adalah sebuah aliran dalam psikologi yang didirikan oleh John B. Watson pada tahun 1913 yang berpendapat bahwa perilaku harus merupakan unsur subyek tunggal psikologi. Behaviorisme merupakan aliran revolusioner, kuat dan berpengaruh, serta memiliki akar sejarah yang cukup dalam. Behaviorisme lahir sebagai reaksi terhadap introspeksionisme (yang menganalisis jiwa manusia berdasarkan laporan-laporan subjektif) dan juga psikoanalisis (yang berbicara tentang alam bawah sadar yang tidak tampak). Menurut Skinner sendiri memusatkan diri pada tingkah laku yang dapat di ubah, tetapi control hanya dapat di ubah untuk dapat megjasilkan pola pola tingkah laku yang berbeda beda.  Konsep kunci dalam system skinner adalah prinsip perkuatan atau yang biasa kita kenal dengan nama Teori perkuatan operan (Operant reinforcement theory) memperkuat tingkah laku tidak lain berarti melakukan manipulasi untuk mengubah kemungkinan terjadinya tingkah laku itu di masa mendatang. Skinner menunjukan bahwa salahwa satu cirri pengondisian klasik adalah fakta bahwa suatu stimulus yang sudah di kenal dapat di pastikan mampu membangkitkan respon tersebut, pun sebelum pengondisian di mulai. Dan menurut Skinner sendiri Pribadi yang sehat adalah seseorang yang tingkah laku tidak sepenuhnya di pengaruhi oleh reinforcement, orang tersebut juga mampu mengontrol faktor eksternal, dapat mengntrol variable yang mampu mempengaruhi tingkah laku juga.


Humanistik

Kepribadian sehat menurut Humanistik
Carl R. Rogers adalah seorang ahli psikologi humanistik yang gagasan-gagasannya berpengaruh terhadap pikiran dan praktek psikologi di semua bidang, baik klinis, pendidikan, dan lain-lain. Dan menurut Rogers sendiri Kepribadian Sehat adalah sebagai berikut :

1.       Perkembangan Kepribadian “ Self ”

Self adalah sesuatu yang manusia rasakan yang ada di dalam dirinya. Dan di dalam self sendiri terdapat 2 bagian yaitu, ideal self. Ideal self sendiri adalah diri yang di harap oleh individu itu sendiri, dan yang kedua adalah reality self adalah kenyataan yang ada pada diri individual keadaan apa adanya pada diri individu. Ketidak nyamanan akan muncul jika terjadi ketidaksesuaian antara persepsi tentang dengan ideal selfnya. Individual yan sehat adalah individu yang memiliki jarak reality self dan ideal self tidak terlalau jauh. Sebenarnya self satu satunya struktur kepribadian yang sebenarnya, self terbentuk memalaui deferensiansi medan fenomena dan melalui intropeksi nilai nilai orang tertentu sert distorsi pengalaman. Self bersifat integral dan konsisten, pengalaman yang tidak sesua struktur self dianggap sebagai sebuah ancaman dan self dapat berubah sebagai akibat kematangan biologic dan belajar. Konsep self menggambarkan konsepsi mengenai dirinya sendiri, ciri-ciri yang dianggapnya menjadi bagian dari dirinya. Misalnya, orang mungkin memandang dirinya sebagai; “saya cerdas, menyenangkan, jujur, baik hari, dan menarik”. Alwisol (2006: 322)

2.       Perana positive rogers dalam pebentukan kepribadian individu

Peranan positif regard adalah suatu kebutuhan yang memakasa dan menyerap, di miliki oleh semua manusia, setiap terdorong untuk menemukan positive regard.  Pada dasarnya manusia sendiri membutuhkan kehangatan, penghargaan, penerimaan, pengangungan dan cinta dan orang lain di sekitarnya. Kebutuhan mcam seperti di sebiut dengan Positive Regard, yang  di bagi menjadi 2 yaitu Conditional Positive Regard dan unconditional Positive Regard.
3.        Ciri-ciri Orang yang Berfungsi Sepenuhnya Lima sifat khas orang yang berfungsi sepenuhnya (fully human being):
a.        Keterbukaan pada pengalaman
orang yang befungsi sepenuhnya adalah orang selalu menerima semua pengalam dengan mudal sehingga selalu timbul persepsi baru. Dengan begitu makin banyak emosi positive yang ia dapat serap

b.      Kehidupan Eksistensial
Kualitas dari kehidupan eksistensial dimana orang terbuka dengan pengalaman barunya sehingga ia akan selalu menemukan sesuatu yang baru dan selalu berubah dan cenderung menyesuaikan diri sebagi respon atas pengalaman kedepannya

c.       Kepercayaan terhadap organisme orang sendiri
Pengalaman akan menjadi hidup ketika seseorang membuka diri terhadap pengalaman itu sendiri. Dengan begitu ia akan bertingkah laku menurut apa yang dirasanya benar (timbul seketika dan intuitif) sehingga ia dapat mempertimbangkan setiap segi dari suatu situasi dengan sangat baik.


d.      Perasaan Bebas
Orang yang sehat secara psikologis dapat membuat suatu pilihan tanpa adanya paksaan -paksaan atau rintangan -rintangan antara alternatif pikiran dan tindakan. Orang yang bebas memiliki suatu perasaan berkuasa secara pribadi mengenai kehidupan dan percaya bahwa masa depan tergantung pada dirinya sendiri, tidak pada peristiwa di masa lampau sehingga ia dapat meilhat sangat banyak pilihan dalam kehidupannya dan merasa mampu melakukan apa saja yang ingin dilakukannya.

e.      Kreativitas
Keterbukaan diri terhadap pengalaman dan kepercayaan kepada organisme mereka sendiri akan mendorong seseorang untuk memiliki kreativitas dengan ciri -ciri bertingkah laku spontan, tidak defensif, berubah, bertumbuh, dan berkembang sebagai respons atas stimulus-stimulus kehidupan yang beraneka ragam di sekitarnya.
Kelemahan atau kekurangan pandangan Rogers terletak pada perhatiannya yang semata -mata melihat kehidupan diri sendiri dan bukan pada bantuan untuk pertumbuhan serta perkembangan orang lain. Rogers berpandangan bahwa orang yang berfungsi sepenuhnya tampaknya merupakan pusat dari dunia, bukan seorang partisipan yang berinteraksi dan bertanggung jawab di dalamnya.


Sumber:
Yustinus (ed.). 1991. Psikologi Pertumbuhan Model-Model Kepribadian
            Sehat.Yogyakarta: Kanisius

Basuki, Heru. 2008. Psikologi Umum. Jakarta: Universitas Gunadarma

Suprantiknya (ed.). 1993. Psikologi Kepribadian 3 Teori-teori Sifat dan
             Behavioristik. Yogyakarta: Kanisius










0 Responses to "Pribadi Sehat"

Poskan Komentar